Kamis, 24 November 2011

Harga Bawang Turun, Gula Merah dan Cabai Naik

BEKASI TIMUR-Sejak sepekan terakhir harga bawang merah di Pasar Baru Bekasi turun hingga 30 persen. Diduga, penyebab merosotnya harga bawang lantaran faktor perubahan cuaca yang terjadi akhir-akhir ini dari musim kemarau menjadi musim penghujan serta melimpahnya barang di daerah pemasok.
Pantauan Radar Bekasi harga bawang pada pekan lalu masih Rp12.00, tapi kini turun menjadi Rp8.000. ’’Mungkin karena cuaca yang tidak menentu sehingga mempengaruhi kualitas bawang. Apalagi di daerah pemasok sedang panen yang berlimpah,” tutur Mama Rudy, pedagang bawang, cabai, dan sayuran.
Berbeda dengan harga bawang, harga cabai justru mengalami kenaikan sejak sepekan terakhir. Dari harga Rp13.000 kini melonjak jadi Rp20.000. Sedangkan harga sayur-sayuran cendrung normal.
Sementara itu, sejumlah pemilik lapak di Pasar Baru, mengaku kenaikan yang paling mencolok selain cabai adalah harga gula merah. ’’Cuma ada kenaikan harga gula merah dari Rp7.600 menjai Rp10.300,’’ ujar Umiyati, pedagang sembako.
Meski beberapa harga komoditas itu naik, pedagang mengaku tak berani mengambil untung terlalu banyak karena takut ditinggal pelanggan.  ’’Kami pedagang tidak bisa menaikkan harga terlalu tinggi, Bisa-bisa pelanggan pada kabur mas,” tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar